Senin, 06 Februari 2017

IXORA (SOKA)

           Bunga ixora biasanya dimanfaatkan untuk menjadi tanaman hias, namun tidak jarang tanaman ini juga dijadikan pagar rumah. Struktur batangnya yang cukup keras serta ukurannya yang dapat mencapai tinggi hingga ukuran satu meter menjadi faktor utama untuk mempertimbangkan ixora menjadi tanaman pagar. Dengan paduan bunga berwarna merah, ada juga jenis ixora dengan bunga warna putih, tentu halaman rumah akan terasa lebih indah dan sejuk jika dipandang mata.
          Bunga ini termasuk jenis tanaman hias yang bandel terhadap hama. Nah, perhatikan beberapa hal berikut ini:
  1. Bunga soka membutuhkan cahaya matahari langsung untuk mendukung proses pertumbuhan batang-batangnya. Jika anda menanam ixora di dalam pot, anda harus menempatkan ixora di area yang terkena cahaya matahari langsung setiap pagi hari. Jika tidak, daun ixora akan menguning dan ixora tidak dapat tumbuh subur.
  2. Pangkas batang ixora agar tanaman ini terlihat lebih rapi. Apalagi jika anda bermaksud menjadikan ixora sebagai pagar hidup untuk halaman rumah anda, tentu anda harus memangkas batang-batangnya secara teratur.
  3. Penyiraman harus dilakukan secara teratur. Untuk membantu pertumbuhan ixora, penyiraman ixora dapat dilakukan setiap hari satu kali dan lakukan penyiraman pada pagi hari. (Sumber: http://flowerian.com/559/cara-merawat-bunga-ixora-bunga-asli-jawa.html)
Note : Gambar asli diambil dari kebun Benara di Karawang











Tidak ada komentar:

Posting Komentar